Resep Kue Kering Nastar untuk Lebaran

by - Juni 06, 2018




Assalamu'alaikum!

Akhirnya nemu ide lagi untuk nulis blog. Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman bikin kue kering nastar. Lhooo tumben banget yaa ujug-ujug bikin kue. Memangnya bisa? Ngga tauuu lol.

Waktu itu awalnya saya lihat resep nastarnya @justtryandtaste di timeline instagram dan sangaaat terlihat menggoda! Saya suka banget kue yang satu ini. Bermodalkan nekad, saya lalu bertekad *dengan super pedenya*, mau bikin kue nastar! Begitu dapat gajian dari suami, langsung cuus ke supermarket untuk beli keperluan bulanan dan sekalian beli bahan-bahan membuat kue. Yeeey!
Lusanya langsung saya eksekusi resepnya.

Bikinnya.. gampang-gampang susah sih yaa. Kalau alat dan bahan mumpuni, semua sudah tersedia, sebenarnya ga terlalu sulit. Tapi karena saya baru banget aseli baru pertama kali bikin dan tanpa bimbingan siapapun, menurut saya ini jadi awalan yang lumayan sukses Alhamdulillah *ngaku-ngaku wkwk*. Tetap sih ya, pengalaman dan jam terbang itu nomor satu. Kalau sudah terbiasa bikin mungkin ga masalah deh insyaAllah.

Jadi, di resep aslinya, nastar berbentuk bulat rapi dan halus tanpa retakan. Sedangkan yang saya buat hasilnya ceper gepeng gitu dan geripis jerawat dimana-mana hahhahahahhahaha. Harusnya ditambah tepung terigu lagi supaya lebih padat dan ngga gepeng. Dan sewaktu dibulat-bulatkan, adonannya benar-benar harus halus tanpa retakan. Oh ya satu kesalahan saya adalah isi selainya salah besar dooong. Selai nanas yang saya beli terlalu encer, bukan selai nanas khusus nastar yang warna kecoklatan itu. Jadi begitu dibuat adonan bulatan susah karena terlalu basah, dan begitu dipanggang pun langsung lumer hampir hilang di tray panggangan lol. Tapi rasanya tetap enak lhoo, hanya kurang lumer di mulut karena... mungkin ya kurang pengalaman ahehehe.

Percobaan pertama :
Bulatannya alhamdulillah tidak berbentuk hahahahahaha, efek dari selai encer yang kebanyakan lalu bikin amarah membara wkwk

Percobaan berikutnya:
Bulatan lebih mendingan meskipun masih ada retakan di adonannya



Nastar yang sudah jadi. Keretakannya dan selai yang meleber bikin ngga tahan ingin menangis


Meskipun bentuknya tidak karuan, tapi rasanya cukup mumpuni alhamdulillah. Setelah buat nastar ini, saya jadi ingin coba kue-kue kering lainnya. Setidaknya saya punya base satu kali pengalaman lah yaa hahaha.

Ini nih kalo mau coba resep nastarnya langsung dari @justtryandtaste (kalau gambar ga kelihatan, bisa diklik ya link nya) semoga berhasil!
*note: maapin kalau expectation vs reality nya beda jauh banget ngahahahaha*









You May Also Like

1 komentar