#Modyarhood : Berbagi Tugas dengan Suami

by - Maret 25, 2018





Ehem. Jadi sekarang saya ikutan tema bulanannya #Modyarhood sekalian meramaikan blog ini yang isinya berniat seminggu sekali tapi berakhir sebulan sekali pfft. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat blognya mba Puty yha.

Tema kali ini adalah tentang pembagian tugas suami dan istri. Hmm menarique.


The most important four words for a successful marriage is. 'I'll do the dishes'

Hahaha iya, dulu sebenarnya saya pernah mau nulis tentang tema ini, setelah nemu quote yang di atas. Okay, buat pasangan yang punya ART mungkin ngga jadi masalah ya, dan apa sih nyuci piring doang. Tapi buat saya contohnya yang tak ber-ART, kasus cuci piring bisa jadi bom atom yang siap meledak kalau lama-lama ditumpuk di cucian uhuhu #lebay

Eniwey, mari kita flashback dulu dari masa awal menikah. Saya dan suami masih tinggal di rumah orangtua yha karena awalnya saya ngga mau pisah dari orangtua #cemenbangetanaknya. Saya full time di rumah karena emang udah resign kerjaan pas nikah. Pekerjaan rumah masih cincai lah, bagi dua dengan mama, karena mama juga ngga pakai ART. Sampai tahun kedua menikah, Ghazi sudah satu tahun, mulai ada konflik kecil-kecilan, well ternyata ngga bisa lho tinggal campur dengan orangtua. Akhirnya kami mulai cari rumah dan ketemu. Singkat cerita, lumayan gemvor ya ngerjain apa-apa sendiri. Eh tapi ngga juga sih ya, sebelumnya sudah sempat belajar beberapa bulan ikut suami dinas di Palembang. Sedikit-sedikit bisa saling bantu-bantu. Kalau saya capek, mas suami yang ngerjain kerjaan.

Sekarang sih yang keliatan banget. Sesungguhnya yang bikin capek bukan ngerjain kerjaan rumah, tapi mengurus 2 balita. Setelah Hanuun lahir, tahap stress dimulai. Yang satu nangis ngga berhenti, yang satu minta gendong, sedangkan mamah pengen lari aja ke mall #konsumtifbanget #nggabisalarikepantaijauhwoy. Akhirnya setelah saya drama nangis-nangis ingusan marah-marah mulu hampir tiap hari lalu bilang ke suami kalau saya capek, dan dia oke, kami berdua benar-benar membagi pekerjaan. Bukan cuma pekerjaan rumah, tapi soal mengurus anak.

Setelah subuh mas langsung cuci piring yang numpuk dan masak nasi, kalau inget ya masukin cucian ke mesin cuci. Kalau sempat dan anak-anak udah pada bangun bisa juga sekalian mandiin anak-anak. Saya tinggal masak dan nyapu ngepel. Sekitar jam 9 pagi, pekerjaan rumah sudah selesai banget. Jadi kalau saya pakai ART, yha mau ngapain mbak? Udah kelar semua. 

Kalau akhir pekan, saya dan suami bagi dua, saya pegang kerjaan rumah, suami ngurusin anak. Mandiin, nyebokin, nyuapin anak, mas suami bisaa Alhamdulillah. Tapi ngga instan ya buibu hahaha. Aseli ya sama aja, dulu diminta tolong nyebokin anak ya nggamau, bau lah takut muntah lah jijik lah. Sekarang mau meskipun kadang-kadang masih pakai masker 3M yang gede perlindungan anti asap dan bau itu lol. 
Sumber: tekadjaya.com
Ntaps yha nyebokin anak pake masker segitu gedenya


Malah kalau ditinggal beberapa jam berdua sama anak-anak juga ngga apa-apa, anak-anak pun lebih betah sama abahnya kayaknya #antarasedihsamaseneng. Kadang-kadang kalau nasi belum ada ya mas yang masak. Kalau lagi mood, ya bikin sarapan atau makan siang ala western *doi seneng banget masak ala barat, kalau saya indonesia aja lah gampang*. Btw ini istrinya males banget apa ya gegoleran mulu tiap hari hahaha maapin sodarah.

Gitu lho. Jadii, setelah cerita ngalor ngidul itu, buat saya penting sih ya pembagian tugas rumah atara suami dan istri. Orangtua saya sendiri pun dulu begitu, dan ngga pakai gengsian. Papa nyapu ya nyapu aja, nyuci ya nyuci aja. Rasulullah mencontohkan begitu juga kan? Pekerjaan mengurus rumah itu lumayan berat dan banyak. Yang nempatin kan bareng-bareng, beres-beres juga bisa bareng-bareng kan yaa #kedipkedipsuami

Oh ya penting banget juga lho untuk mengkomunikasikan hal ini jikalau perlu. Buibu yang memang sama dengan saya alias tidak pakai ART, kalau memang butuh bantuan suami, sampaikanlah. Langsung ya, tudepoin. Jangan pakai kode, jangan pakai ngambek-ngambek ngga jelas. Plis. Sesungguhnya, sebagian besar kode istri ngga akan sampai ke saraf neuron nya suami. Jadi, yaudah langsung aja bilang maunya apa, dengan bahasa yang bagus, pakai kata tolong, dan lemah lembut. Kalau ngga ampuh juga, banyak-banyak doa bu semoga diijabah nyehehe.

You May Also Like

2 komentar

  1. kangen bisa nulis rutin lagi. padahal belum punya anak, tapi internet di rumah juga tak ada. jadilah nulis jarang-jarang kl lagi bawa laptop trus nemu wifi, atau lagi di rumah ortuku kayak sekarang hihi. mangats pitoo. ntar kl udh lahiran, mungkin kuakan tanya banyak sama kamu yaa. thanks for sharing :-*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aliaaa. Ini pun aku nulis juga di hp, sesekali pakai leptop dan tethering inet hp. Sungguh menulis pas punya anak itu konten banyak tapi waktunya perjuangan :") wkwk lebay si. Ayoo semangat nulis lagiii aal

      Hapus