Meal Planner, Grocery, Household Shopping List [FREEBIES]

by - Mei 13, 2018



Assalamu'alaikum!

Freebies berturut-turut datang kembali hehe. Kali ini isinya seputar dunia rumah tangga dan diharapkan dapat mempermudah urusan para irt. Apa aja sih isinya?

Everyday Meal Planner


Planner ini jelas ditujukan untuk merencanakan menu makanan selama seminggu. Setidaknya, dalam satu hari selama seminggu, satu keluarga bisa mendiskusikan ingin makan menu apa. Tentunya yang bisa dimasak oleh koki rumah ehehehe.

Download di sini



Grocery Shopping List

Setelah menuliskan menu apa saja yang akan dibuat, maka langkah selanjutnya adalah belanja keperluan masak-memasak. Hal ini penting banget lho untuk dicatat. Karena dengan mencatat, kita akan terfokus pada daftar belanjaan yang ada, dan yang benar-benar dibutuhkan. Sehingga tidak ada bahan makanan yang terbuang sia-sia, karena semua sudah terpakai sesuai menu makanan yang ada.



Daftar ini saya buat berdasarkan jenis bahan makanan, mulai dari:
Daging : Daging ayam, sapi, kambing, udang, ikan, dll.
Sayuran : Wortel, bayam, kangkung, kembang kol, brokoli, dll.
Bumbu : Cabai, pala, lengkuas, jahe, daun jeruk, dll.
Buah : pisang, apel, jeruk, dll.
Lainnya : Tempe, tahu, beras, dll.

Jangan lupa untuk sebisa mungkin menuliskan kuantitas dan harga/perkiraan harga, setelah itu ditotalkan ya. Karena dengan begitu, budget untuk belanja bahan makanan tidak overload. Jikalau ada perbedaan harga terbaru di pasar, perbedaannya tidak terlalu signifikan. 

Silakan download di sini



Household Shopping List

Nah kalau yang ini, ngga jauh berbeda dengan sebelumnya sih. Hanya saja, biasanya kalau belanja keperluan rumah tangga, (saya sih) lebih sering ke supermarket karena pilihan barangnya yang lebih banyak.


Cara mengisinya sama, di daftar ini ada berbagai jenis perlengkapan seperti :
- Dapur : Minyak goreng, saus sambal, kecap, saus spageti, dll.
- Kamar mandi : Sabun mandi, sikat gigi, odol, sabun bayi, karbol, shampoo, dll.
- Laundry : Sabun cuci baju, pelembut pakaian, dll.
- Lainnya : Wadah bumbu, popok bayi, dll.

Silakan disebutkan mereknya ya kalau mau menulis daftarnya (gausah disuruh kalek!) hahaha.

Oh iya, sama juga, usahakan untuk menuliskan kuantitas dan harga/perkiraan harga, kemudian ditotalkan. 

Boleh, download di sini


YAK SELESAI! Semoga bermanfaat yaa buibuu. Silakan disebarluaskan jikalau dirasa bermanfaat bagi diri dan orang lain hehe. Terima kasiiihh

You May Also Like

2 komentar

  1. Cakep mba desainnya, terimakasih ya. Emang yang dicari emak emak nih

    BalasHapus