Migrasi ke Blogger

by - September 04, 2017

 gambar dari tumblr.com

Assalamu’alaikum!

Selamat datang di blog baru saya. Akhirnya ini migrasi sesungguhnya ke blogger setelah bersemayam di Tumblr setelah delapan tahun yang lalu. Lol. Sebenarnya tulisan di tumblr udah buanyak buanget yaa. Mulai dari jaman baru lulus SMA yang super galau macem anak abege hahaha, lalu mahasiswa (menuju) idealis yang moderat, sampai jadi emak-emak tingkat awal yang tulisannya makin hilang ditelan bumi karena super remvong sama bayi-bayi di rumah.

Tapi sayang, fitur di tumblr bukan untuk interaksi antara penulis blog dan pembaca. Misalnya tidak ada kolom komentar pembaca buat yang non tumblr, jadi kan kesannya ekslusif gitu, engga merakyat, dan ceritanya seperti one way blog gitu lah. Bisa sih ditambahkan kolom komentar seperti Disqus, saya juga pakai. Tapi mereka ngga mobile-phone friendly di tumblr. Cuma terlihat kalau kita pakai browser PC aja, ngga asik kan.

Alasan lain adalah, template Tumblr agak susah diotak-atik! Buat yang suka main CSS lalala gitu, memang malesin banget. Template Tumblr sebenarnya banyak yang oke. Tapi kebanyakan modelnya template untuk fotografi. Kalau untuk tulisan panjang penuh basa basi hahaha susahnya mak. Ya begitu aja modelnya. Palingan bisa ditambah satu dua widget. (apa emang saya yang ngga bisa hahahaha)

Yang satu ini juga. Customizing tulisan blog juga agak susah. Misal kalau mau posting review, memungkinkan sekali kan akan ada tulisan, gambar, dan video. Di tumblr, hal itu sulit untuk dilakukan. Kalau mau posting video ya video aja. Kalau mau posting gambar ya gambar aja. Gambar dan video dijadikan satu? It’s a big no. Saya engga ngerti sih kenapa developernya bikin begitu. Atau memang, format tumblr seperti microblogging, jadi ya satu blog simpel tho. Entah kalau pakai HTML ya. Tapi ya ribet amat sik tiap mau nulis blog aja pakai HTML -_-.

Penyimpanan arsip di Tumblr juga kurang enak dipakai. Kalau mau cari postingan lama, agak susah nyarinya. Ada sih, page khusus arsip blog. Tapi kalau postingannya buanyak buanget ya nunggunya macam nunggu jodoh, luamaaa! Wkwk. Akhirnya berbekal keyword, semua bisa dicari di google. Misal: “wisuda horehorere tumblr”, ketemu deh postingannya. Matur suwun, Mbah Gugel.
Agak maju mundur ya mau pindah ke blogger karena alasan di atas, tapi kok ya tulisan lama mau diapakan hahaha. Tadinya mau import blog, tapi kok ya dari pagi sampai siang diimport ngga selesai-selesai. Sebanyak itu kah tulisan sampahku? Hahahaha. Yasudahlah, akhirnya kurelakan masa-masa indah itu. Eh tapi kalau ada yang masih mau baca, bisa banget kok. Ada page khusus di blog ini langsung direct ke Tumblr saya (kek ada yang mau baca ajaaa)

TEKAD: setelah pindah ke blogger, semoga semakin sering menulis blog, bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain. Yaa minimal banget 1 bulan sekali nulis blog (ealah mak tau lah ya emak-emak banyak alasanya hahaha). insyaAllah, bismillah! :D

You May Also Like

2 komentar