Ngaji Online

by - Januari 19, 2018



Kapan terakhir kali ikut pengajian agama? Waktu kuliah? SMA? Atau beberapa hari belakangan? Atau kemarin baru aja ikut pengajian? Kalau yang terakhir, selamat, dan barakallah. Semoga teteup istiqomah ya ukhti akhi.

JREENG! Note to myself banget ini sih mah *ngakak sambil nangis di belakang* Padahal saya juga entah kapan Ya Allah ikut kajian agama yang beneran serius dijalanin uhuhu. Maklum yaa emak-emak kalau sudah bersama anak-anaknya, susah untuk kemana-manaa. Ke kamar mandi aja digelendotin, ditangis-tangisin kayak mau ditinggal seribu tahun uhuhuhu, mau makan mie goreng aja musti nunggu anak-anak tidur terus makannya pakai timer dan harus super sunyi senyap biar ngga pada bangun *SUPER EXCUSE MODE: ON*. Eh padahal, yang namanya menuntut ilmu itu ngga bisa ada alasan yang mengganggu sih ya seharusnya. Dimanapun, kapanpun, ngapainpun, kita bisa aja menuntut ilmu, apalagi ilmu agama. Duh, padahal ya itu seharusnya jadi ajang recharge kehidupan. Udah mah capek sama urusan rumah, urusan kerjaan, urusan anak, urusan sekolah, urusan remeh temeh yang bikin termehek-mehek, capek juga nontonin drama korea dan dengerin soundtrack yang bikin susah move on, atau capek ngehabisin kuota paket buat mainin moba sampai lupa jam *duh ada yang kesindir ya, yak maapin eea*, enaknya diluangkan waktu sedikiit aja untuk isi lagi dengan ilmu yang baik nan barokah.

Sekarang banyak waktu untuk liat handphone, eh smartphone, jadi ya dipakailah itu biar jadi smart. Aseli ya sekarang banyak banyak banget kajian-kajian di sosial media. Kalau stok batere masih banyak, bisa ikutan live streaming, bisa di facebook, instagram, youtube pun ada. Atau streaming radio juga bisa. Misalkan ngga punya kuota banyak atau stok batere tinggal tipis, bisa ngintip sedikit di postingan instagram yang paling lama cuma 1 menit. Nih saya coba bagi beberapa kajian yang saya tahu ya:

Instagram :

@ustadzkhalid 


Ini salah satu ustadz favorit saya belakangan ini. Kajiannya mudah dimengerti sekali, mudah dipahami oleh banyak kalangan, masyaAllah. Postingan IG nya seringkali menjelaskan tentang kajian beliau ke depan ada di mana aja dan membahas apa aja. Kita bisa lihat juga kajian livenya, biasanya sekitaran pukul 9 pagi, 1 siang sekitar habis shalat zuhur, dan malam, coba cek IG nya deh biar lebih lengkap. Kalau mau lihat kajian singkat per bahasan bisa juga follow @kajianariansunnah, ini kayaknya masih semacam fanbase IG ya, bukan official, cmiiw.

@felixsiauw


Ngga usah lihat background organisasi islamnya beliau apa, nanti ada yang rese’ bikin ribut ae lah *eh*. Secara personal, orang ini masyaAllah pintar, bisa dilihat dari cara berbicaranya yang jelas, cepat, to the point, bet bat bet jreng! Dari awal ikutin kajian di twitter dulu sampai sekarang ustadz Felix tetap oke sih kalau menjelaskan soal agama. Di instagramnya sering ada kajian live, kalau ngga kebagian live, bisa dilihat kemudian kok. Atau ceki-ceki timelinenya juga bagus-bagus tulisannya. Mencerahkan!

@aagym


Udah sering lah yaa lihat ceramahnya aagym dimana-mana dari jaman 2000an dulu *tutup muka ketauan umurnya* bahasanya, candaan beliau selama memberikan ceramah. Sekarang pun bisa banget tetap mengikuti kajian-kajian singkat di instagramnya lhoo.

@hanan_attaki


Duh, duh masyaAllah. Kalau denger suara ustadz ini adem bener deh. Kata si mas aja gitu “Suaranya halus ya, enak”, suaranya aja enak apalagi kajiannya. Ustadz ini foundernya SHIFT @pemudahijrah. Apa ya kalau dijelasin semacam pengajian yang isinya banyak anak-anak basket, skateboarding, bmx *SOTOY MODE : ON* *sebenarnya saya kurang tau juga sih ya maklum cuma intip-intip IG nya aja uhuhu maapin cmiiw* dah yah yang penting memang segmentasinya untuk anak-anak muda. Saya sendiri belum pernah ikut langsung kajian beliau secara full. Tapi lihat-lihat cuplikan kajiannya aja nyenengin banget lho, benar-benar pengingat buat saya sendiri duh JLEB MAK.

@rumayshocom


Berawal dari website asuhan ust. M Abduh Tuasikal, kita bisa lihat berbagai macam tanya jawab tentang agama islam, mulai dari masalah akidah, tafsir Al-Qur’an, hukum, yew banyak ya silakan di cek websitenya di rumaysho.com. Tapi kalau mau lihat versi singkat dan sekalian mengisi timeline IG dengan yang bermanfaat bisa sekalian follow akun instagramnya.

Radio

75,6 AM Rodja  – Sering bepergian pakai mobil? Daripada capek liatin macet, mendingan ikut dengar kajian di radio yang ini. Kalau buat saya sendiri sih engga ada salahnya yaa dengerin kajian bermanhaj salafi kalau memang bahan kajiannya bermanfaat ehehe. Banyak banget bahasannyaaa. Atau kalau ngga ada kajian pun, isinya murottal Al-Qur’an. Sambil jalan-jalan sambil ngaji uu masyaAllah, kurang apa lagi coba. Kalau ngga ada radio AM, bisa pakai TV kabel atau antena 
parabola duh modal ya hahaha, ataau bisa juga live streaming. App nya banyaak di Play Store.

Soundcloud
Kalau yang ini lebih enak didengarkan sambil ngerjain kerjaan. Misalnya menyetrika, memasak. Deuh pasti deh banyak ibu-ibu yang ngga suka banget nyetrika. Udah mah pegel, lama. Tapi bener deh kalau sambil dengerin ceramah atau kajian, kayaknya cucian seabrek ngga berasa lagi 😁. Caranya gampang aja, tinggal search kajian yang kita mau, misal 'kajian hanan attaki' atau 'ceramah ustadz abdul shomad' cobalah begitu bebas siapa yang mau didengarkan.

Udah gitu deh. Sebenarnya banyak banget sih kajian-kajian yang ada di internet sini. di Facebook, Youtube apalagi. Jadi sebenarnya udah ngga ada alasan lagi untuk ngga ikut ngaji agama. Semudah menjentikkan tangan!

#ntms
*Disclaimer : tulisan ini penuh hashtag #ntms #ntms #ntms #ntms *ngeringkuk di pojokan*

You May Also Like

0 komentar